Elder Scrolls Lore : Tentang GODHEAD dan CHIM.

APA ITU GODHEAD ? DAN APA HUBUNGANNYA DENGAN CHIM ?


Note : semua pengertian disini menggunakan arti dan bahasa yg sederhana, agar lebih mudah dipahami, dan ketika membaca lore ini mungkin pandangan kalian tentang dunia Elder Scrolls akan sedikit berubah.

 

(Gambar : Vivec, Penjelasan CHIM, dan Talos. Sumber : google images)




Godhead, atau bisa disebut The Dreamer, adalah suatu makhluk/kekuatan/sesuatu yg telah ada jauh sebelum alam semesta tercipta, bahkan jauh sebelum Anu & Padomay ada di dunia. Dia adalah sang pemimpi di dunia Elder Scrolls, dan semua yg ada di Elder Scrolls universe, dari mulai kemunculan Anu & Padomay, penciptaan mundus, penghakiman Lorkhan  sampai konflik-konflik yg ada di dunia adalah bagian dari mimpinya, dan mungkin saja suatu saat Godhead akan terbangun. Jadi bisa diartikan bahwa semua yg ada di dunia Elder Scrolls ini adalah sebatas mimpi dan tidak nyata.


Lalu apa hubungannya dengan CHIM ?
Chim pada dasarnya adalah mengerti dan percaya bahwa kita adalah sebagian kecil dari mimpi Godhead, tetapi kita juga mengakui dan percaya bahwa kita ada dan mempertahankan keberadaan kita sebagai individu, walaupun pada dasarnya kita cuma secuil debu dalam mimpi Godhead.

Chim mempunyai kekuatan yg konon bahkan melebihi Aedra dan Daedra, namun hanya bisa digunakan untuk alasan yg penting saja. Contoh yg paling mendasar adalah Cinta pada rakyatnya.



Untuk meraih Chim, bisa dilakukan dengan cara melihat Tower (perwujudan fisik & metafisik dari Wheel yg dilihat dari samping , membentuk huruf I atau angka 1yg berguna menjaga kestabilan dunia). Setelah melihat salah satu tower dengan penuh makna, akan mendapat pengelihatan (seperti mimpi) dimana kita akan melihat dunia beserta isinya itu mimpi, dengan kata lain kita melihat dari sudut pandang Godhead. Dalam pengelihatan itu ada 2 hal yg ada di pikiran kita, 'Ini hanya mimpi, tidak nyata, bahkan aku pun tidak nyata' dan 'ini mimpi, tidak nyata ,tapi aku nyata ,dan karena ini mimpi aku akan mengaturnya'. Pilihan yg pertama disebutkan adalah 'Zero Sum' ,yg mana jika kita beranggapan seperti itu saat proses meraih Chim, kita akan lenyap, hilang, terlupakan dari alam semesta, karena kita sendiri menganggap bahwa kita tidak nyata. Namun jika kita beranggapan seperti pilihan kedua, kita akan memiliki kemampuan yg luar biasa yg mungkin dapat membentuk dunia sesuai keinginan kita. Konon yg pertama menemukan paham Chim adalah Lorkhan , ketika itu dia menerobos keluar dari Aurbis dan melihat Wheel dari samping seperti membentuk I, dari situlah Lorkhan meyakinkan pada Et'ada lainnya untuk menciptakan mortal plane.


Sampai saat ini, yg diketahui sudah meraih Chim adalah Vivec dan Talos saat sebelum menjadi 9 Divines. Vivec menggunakan Chim untuk menahan Asteroid yg akan menghantam Vivec City (sekarang dijadikan Ministry of Truth atau Baar Dau), dan Talos menggunakan Chim untuk menggunduli dan menghilangkan hutan belantara di Cyrodiil sehingga bisa dihuni oleh penduduk Cyrodiil.


Referensi : uesp, elderscrollswikia, Forum Diskusi Reddit, '36 Lessons of Vivec : Sermon 1-36'.

Comments

Popular posts from this blog

3 Teori Tentang Hilangnya Dwemer "The Disappearance of the Dwarves"

SEJARAH DAN HUBUNGAN ANTARA ALDMERI DOMINION DAN THALMOR.